Longest-Six-in-International-Cricket

Ten Longest Sixes In International Cricket: A List

Permainan kriket telah berkembang jauh sejak asalnya di Inggris Tenggara abad ke-18. Selama bertahun-tahun, olahraga ini telah melihat berbagai pemain kriket yang elegan membuat beberapa rekor terbaik di lapangan.

Namun, beberapa dekade terakhir telah melihat peningkatan dramatis dalam skor yang diposting oleh batsmen di papan tulis. Pemain seperti Chris Gayle, Shahid Afridi, dan Yuvraj Singh telah menunjukkan itu dengan kemampuan run-scoring mereka.

Dalam kriket, hanya ada beberapa pemain yang diberkahi kemampuan memukul bola melewati garis batas agar berkesan maksimal. Jadi, inilah 10 pemain yang sukses besar yang cukup untuk membuat nama mereka terdaftar di buku rekor.

Jacob Oram, Selandia Baru vs Australia, 130 meter

Juga disebut sebagai raksasa lembut karena tingginya 1,98m, Jacob Oram telah menjadi kontributor yang layak dalam format panjang permainan. Mantan pemain serba bisa Kiwi ini diyakini telah mencapai enam pukulan terlama dalam kriket internasional yang menempuh jarak 130 meter. Jarak yang ditempuh oleh pukulan raksasa itu sudah cukup bagi penonton untuk menjadi gila di stadion.

Enam besar ini datang selama tur Australia di Selandia Baru pada tahun 2005. Selama pertandingan ke-40 dari pertandingan terakhir dari seri pertandingan 3-Hari ODI, Oram menghadapi bowler Australia Stuart Clark dan menghancurkan enam yang melewati atap Lancaster Park .

Dalam permainan tersebut, Australia memilih untuk memukul terlebih dahulu dan membukukan total 332 di papan. Mengejarnya, tanggung jawab membawa tim pulang dengan sukses ada di pundak Jacob Oram dan Scott Styris. Kiwi berhasil mengejar total dan memenangkan pertandingan dengan 2 wicket.

Brett Lee, Australia vs Hindia Barat, 130 meter

Sebagai salah satu bowler tercepat yang pernah ada di dunia kriket, Brett Lee adalah bagian penting dari barisan batting Australia selama tahun 2000-an. Meskipun menjadi pelempar ace cepat, Brett Lee memegang rekor untuk menghancurkan bola melewati tanda 130 meter.

Menariknya, hit besar ini datang dalam format permainan terpanjang dan bukan di ODI atau T20. Kali ini adalah perintis Hindia Barat Rowman Powell yang mencetak enam besar dalam pertandingan Uji 2005 di The Gabba. Itu sangat besar karena bola menempuh jarak 135 meter.

Brett Lee telah menciptakan reputasi untuk dirinya sendiri selama bertahun-tahun karena memiliki kemampuan untuk mengambil beberapa masalah besar untuk timnya. Tapi hit yang tidak biasa ini benar-benar mengejutkan semua orang di venue.

Martin Guptill, Selandia Baru vs Afrika Selatan, 127 meter

Martin Guptill telah menjadi salah satu aset utama jajaran batting Selandia Baru dalam kriket internasional selama bertahun-tahun. Sebagai seorang batsman yang sangat sulit dihentikan saat sedang melakukan flow, Gutpill menunjukkan penguasaannya atas kriket bola putih saat ia melakukan smash pada 127 meter enam pada tahun 2012.

Itu di Stadion Westpac di Wellington di mana Guptill menolak pengiriman Lonwabo Tsotsobe sedemikian rupa sehingga membuat penonton kagum. Guptill memukul enam pada bola kedua dari atas dan itu diikuti oleh pukulan yang lebih besar yang menempuh jarak 127 meter.

Corey Anderson, Selandia Baru vs India, 122 meter

Seorang kidal dengan pukulan keras dengan kemampuan kecepatan sedang, Corey Anderson telah melakukan hal-hal besar sejak usia muda. Terlepas dari rekor abad 36 bola melawan Selandia Baru, Corey Anderson juga dikenal dengan pukulan-pukulan besarnya. Pada tahun 2014, Anderson menjadi pusat perhatian untuk enam besar dalam pertandingan ODI melawan India.

Selama pertandingan pertama tur India Selandia Baru 2014, Anderson menghancurkan enam yang masuk ke atap McLean Park di Napier. Itu disampaikan oleh ace perintis India Mohammed Shami di mana Corey Anderson memukul enam yang tercatat 122 meter.

Itu adalah pukulan luar biasa Anderson yang membuat Selandia Baru mampu membukukan total 292 run. India gagal mengejar target ini dan Kiwi berjalan kembali ke paviliun dengan kemenangan 24 run. Pemain pertandingan dalam game ini adalah Corey Anderson.

Mark Waugh, Australia vs Selandia Baru, 120 meter

Selain menjadi stroke man berkelas, Mark Waugh dikenal luas karena konsistensinya yang membawa Australia pada transisi dari tim rata-rata menjadi tim dominan pada 1990-an. Mark Waugh mendapatkan namanya terdaftar di buku rekor karena telah menghancurkan enam yang menempuh jarak 120 meter.

Enam tertingginya datang pada saat mencapai batas itu sendiri dianggap sebagai tugas yang sulit oleh banyak orang. Tapi itu akan membuat keadilan total bagi pemukul yang elegan dan bergaya seperti Waugh.

Menghadapi Selandia Baru di WACA Ground dalam seri kandang pada tahun 1997, Mark Waugh memukul pengiriman Daniel Vettori untuk enam yang akhirnya memecahkan banyak rekor.

Shahid Afridi, Pakistan vs Afrika Selatan, 120 meter

Hampir tidak ada daftar dalam sejarah kriket yang selesai tanpa masuknya Shahid Afridi. Afridi membuat penampilannya dalam daftar ini dengan 120 meter enam yang dia hancurkan sepanjang tahun 2013.

Pukulan besar ini terjadi saat ODI ke-3 melawan Afrika Selatan di Johannesburg. Itu adalah pengiriman ke-4 dari yang ke-34 oleh Ryan Mclaren yang melewati garis batas dan membuat dirinya terdaftar di buku rekor.

Afridi mampu membukukan 88 run off hanya 48 bola dalam pertandingan, semua berkat tujuh big six-nya. Selain pukulan besar, mantan atlet serba bisa Pakistan ini juga memegang rekor enam kali maksimum dalam kriket ODI.

Yuvraj Singh, India vs Australia, 119 meter

Yuvraj Singh selalu dikenal sebagai salah satu pemenang pertandingan terbesar dalam kriket bola putih. Yuvraj membuat penampilannya di daftar ini karena enam besar yang dia hancurkan selama pertandingan T20 dunia melawan Australia pada tahun 2007.

Memainkan salah satu babaknya yang paling berkesan di kriket Internasional, Yuvraj melancarkan serangan besar-besaran pada para bowler Australia dan tidak ada yang tidak tersentuh oleh kemarahannya.

Menariknya, pelempar bola yang menempuh jarak 119 meter ini adalah Brett Lee, yang memegang rekor sebagai salah satu kriket internasional terlama. Selama pertandingan, Yuvraj berada dalam performa terbaiknya saat ia mencetak 70 run dari hanya 30 bola.

MS Dhoni, India vs Selandia Baru, 118 meter

Mendemonstrasikan prestasi, ketekunan, dan keyakinan yang luar biasa, MS Dhoni telah menjadi salah satu kapten paling sukses yang pernah ada di dunia kriket. Bisa dibilang finisher terbaik di kriket internasional, MS juga memiliki kemampuan untuk menghancurkan pukulan besar dengan mudah.

Dia pernah memukul enam besar yang menempuh jarak 118 meter. Dan inilah yang membawa namanya ke daftar ini. Pada over ke-44 ODI melawan Selandia Baru, Dhoni menghancurkan enam yang melewati garis batas.

Shahid Afridi, Pakistan vs Australia, 117 meter

Shahid Afridi sama misteriusnya dengan pemain yang pernah ada. Hanya dalam ODI keduanya melawan Sri Lanka pada tahun 1996, Afridi mencetak abad 37 bola, yang tetap menjadi abad tercepat dalam kriket ODI selama lebih dari 17 tahun.

Afridi membuat entri kedua dalam daftar ini untuk 117 meter enam yang dia pukul melawan para bowler Australia sepanjang tahun 2005. Selama inning Pakistan itu, Afridi melakukan banyak pengiriman yang melewati garis batas tetapi hanya satu bola yang menempuh jarak sejauh itu- jarak dan berakhir di buku rekor.

Dalam pertandingan tersebut, yang paling berkesan adalah inning dan six yang dilakukan Afridi yang cukup lama menggeluti dunia kriket.

Chris Gayle, Hindia Barat vs India, 116 meter

Dengan rekor pukulan paling banyak enam di kriket T20, tidak mengherankan jika nama Chris Gayle muncul di daftar ini. Terkenal karena pukulannya yang luar biasa dalam kriket waralaba, Gayle juga memegang rekor memiliki skor tertinggi di Piala Dunia, dengan 215 run.

Selama pertandingan T20 internasional pada tahun 2010 di Bridgetown, Gayle memutuskan untuk membakar stadion. Pada tanggal 9 Mei, Gayle memukul pengiriman oleh Yusuf Pathan untuk maksimum yang menakjubkan dari 116 meter.

Gayle adalah pemain yang menonjol dalam pertandingan tersebut, karena ia benar-benar menghancurkan barisan bowling India. Jamaika akan tertarik untuk memecahkan rekornya sendiri dari enam tertinggi dalam waktu dekat.