Complete IPL Winner List from 2008 to 2020

Sebagai salah satu ekstravaganza kriket terbesar di planet ini, Liga Utama India menarik perhatian jutaan penggemar kriket di seluruh dunia. IPL adalah salah satu dari sedikit liga di mana pecinta kriket dapat menyaksikan semua pemain favorit mereka di satu tempat. Selama bertahun-tahun, IPL telah melihat sejumlah waralaba yang berhasil mengangkat trofi IPL yang didambakan.

Berikut daftar lengkap pemenang IPL, dari edisi perdana hingga musim ketiga belas liga.

Tahun Pemenang Pemenang kedua Lokasi
2008 Rajasthan Royals Raja Super Chennai Mumbai
2009 Pengisi Daya Deccan Royal Challengers Bangalore Johannesburg
2010 Raja Super Chennai Orang India Mumbai Mumbai
2011 Raja Super Chennai Royal Challengers Bangalore Chennai
2012 Penunggang Ksatria Kolkata Raja Super Chennai Chennai
2013 Orang India Mumbai Raja Super Chennai Kolkata
2014 Penunggang Ksatria Kolkata Raja XI Punjab Bengaluru
2015 Orang India Mumbai Raja Super Chennai Kolkata
2016 Matahari Terbit Hyderabad Royal Challengers Bangalore Bengaluru
2017 Orang India Mumbai Bangkitnya Pune Supergiants Hyderabad
2018 Raja Super Chennai Matahari Terbit Hyderabad Mumbai
2019 Orang India Mumbai Raja Super Chennai Hyderabad
2020 Orang India Mumbai Delhi Capitals Dubai

Pemenang IPL 2008: Rajasthan Royals

IPL 2008 adalah edisi perdana turnamen tersebut. Sementara banyak pemain bintang menjadi bagian dari delapan waralaba, Rajasthan Royals yang diunggulkan mengalahkan semua peluang dan mengangkat trofi untuk pertama kalinya. Rajasthan Royals pada waktu mereka dipimpin oleh Shane Warne yang berbakat, dan terdiri dari sejumlah pemuda lainnya, termasuk Ravindra Jadeja, Aditya Angle dan Swapnil Asnodkar.

Dalam pertandingan terakhir liga, Royals memenangkan undian dan memilih untuk memukul terlebih dahulu. Pukulan pertama, Chennai Super Kings berhasil membukukan total 163 di papan. Namun Shane Warne and Co dengan elegan mengejarnya dan memenangkan pertandingan dengan 3 wicket di DY Patil Stadium di Mumbai. Skipper Warne menerima penghargaan Man of the Tournament untuk penampilannya yang serba bisa dalam permainan.

Pemenang IPL 2009: Pengisi Daya Deccan

Deccan Chargers, yang menempati posisi terbawah dalam edisi perdana liga, bekerja melawan rintangan dan mampu mengangkat trofi IPL pada tahun 2009. Kemenangan itu datang di belakang beberapa pemukul luar biasa seperti Rohit Sharma, Andrew Symonds dan Herschelle Gibbs.

Pada hari pertandingan, Deccan Chargers memilih untuk memukul terlebih dahulu dan membukukan total 143 run dengan kehilangan 6 wicket di Wanderers Stadium, Johannesburg, Afrika Selatan. Sebagai balasannya, Royal Challengers Bangalore hanya berhasil mencetak 137 run dengan kehilangan 9 wicket dalam 20 over. Adam Gilchrist dianugerahi gelar pemain turnamen saat ia berkontribusi 495 kali dengan kelelawar dan menyumbang 18 pemecatan di belakang tunggul.

Pemenang IPL 2010: Chennai Super Kings

Setelah mencapai babak playoff untuk ketiga kalinya berturut-turut, Chennai Super Kings akhirnya mampu mengangkat trofi IPL yang didambakan di liga edisi ke-3. Itu adalah kepemimpinan Mahendra Singh Dhoni dan orang-orang seperti Matthew Hayden dan Suresh Raina yang membantu Kings membukukan kemenangan 22 run di DY Patil Stadium, Mumbai.

Dalam contoh ini, CSK memilih untuk memukul terlebih dahulu dan mencatat skor 168 run dengan kehilangan 5 wicket. Sebagai balasan, India gagal mengejar target karena mereka hanya mencatat 146 run dengan kehilangan 9 wicket. Di sini, Sachin Tendulkar dianugerahi gelar pemain terbaik turnamen saat ia mencatatkan 618 pertandingan tahun itu.

Pemenang IPL 2011: Chennai Super Kings

Pada tahun 2011, Chennai Super Kings menjadi tim pertama dalam sejarah liga yang memenangkan gelar IPL berturut-turut untuk kedua kalinya. Kali ini mereka menghadapi Royal Challengers Bangalore di MA Chidambaram Stadium di Chennai. CSK memilih untuk memukul terlebih dahulu dan memasang target besar 205 run untuk kehilangan 5 wicket dari 20 over.

Sebagai balasan, RCB gagal mengejar total karena mereka hanya berhasil 147 run setelah kehilangan 8 wicket dari 20 over. Hal ini menyebabkan CSK memenangkan pertandingan dengan 58 run. Di sini, Murali Vijay dinobatkan sebagai Man of the Match dengan mencetak 95 run dalam pertandingan tersebut.

Pemenang IPL 2012: Kolkata Knight Riders

Ini adalah kali ketiga CSK berhasil mencapai babak final di liga, namun gagal mengangkat trofi karena dikalahkan KKR di Stadion MA Chidambaram, Kolkata. Pukulan pertama, CSK membukukan target menantang 191 run untuk Kolkata.

Sebagai balasan, Gautham Gambhir and Co dengan elegan mengejar target KKR yang menyumbang 192 run dengan kehilangan 5 wicket. Manvinder Bisla tampil luar biasa dalam permainan saat ia mencetak 89 run dari 48 bola. Sunil Narine dinobatkan sebagai pemain turnamen untuk 24 scalpsnya dalam 15 pertandingan, dan Chris Gayle dan Morne Morkel masing-masing menerima topi oranye dan ungu.

Pemenang IPL 2013: Orang India Mumbai

Ini adalah kali kedua Mumbai Indians mencapai babak playoff dan menghadapi lawan yang sama seperti terakhir kali mereka, CSK. Kedua belah pihak bersitegang di Taman Eden di Kolkata. Di sini, Mumbai Indians meraih trofi IPL pertama mereka karena mereka mampu mengalahkan Kings dengan selisih 23 run.

Pukulan pertama, orang India Mumbai mampu membukukan total 148 di papan, semua berkat ketukan luar biasa Kieron Pollard dari 60 lari dari 32 bola. Sebagai balasannya, CSK jatuh pada hanya 125 sebagai Lasith Malinga, Mitchell Johnson dan Harbhajan Singh masing-masing menyumbang dua gawang masing-masing. Kieron Pollard dinobatkan sebagai pria pada pertandingan pada malam final, dengan Dwayne Bravo dan Michael Hussey mengumpulkan topi ungu dan oranye masing-masing.

Pemenang IPL 2014: Kolkata Knight Riders

Di bawah kepemimpinan Gautam Gambhir, Kolkata Knight Riders mampu merebut kembali gelar IPL mereka setelah jeda satu musim. Pada malam final, Kolkata menghadapi Kings XI Punjab di M. Chinnaswamy Stadium. Pukulan pertama, KXIP mampu memposting 199 raksasa di papan, semua berkat abad yang luar biasa oleh Wriddhiman Saha.

Namun dengan bantuan brilian Manish Pandey 94 dari 50 bola, KKR mampu mengejar target besar dan mengangkat trofi IPL untuk kedua kalinya. Manish Pandey dinobatkan sebagai man of the match dalam permainan, dengan Glenn Maxwell mengumpulkan gelar man of the series untuk penampilannya yang serba bisa.

Pemenang IPL 2015: Orang India Mumbai

Dalam IPL edisi 2015, India Mumbai dinobatkan sebagai juara saat mereka mencatatkan kemenangan luar biasa atas Chennai Super Kings di Eden Gardens di Kolkata. Ini adalah ketiga kalinya kedua belah pihak saling berhadapan di pertandingan terakhir liga. Pukulan pertama, orang India Mumbai mampu mencetak target besar 203 run untuk Kings.

Sebagai balasannya, CSK hanya berhasil 161 run dengan kehilangan 8 wicket dan kalah dalam pertandingan dengan 41 run. Ini adalah kekalahan kedua berturut-turut mereka melawan Mumbai India di final. Rohit Sharma dianugerahi gelar man of the match dalam permainan, dengan Andre Russell dari KKR menerima penghargaan pemain turnamen.

Pemenang IPL 2016: Sunrisers Hyderabad

Bekerja melawan rintangan, Sunrisers Hyderabad akhirnya mampu memenangkan gelar IPL perdananya saat mereka mengalahkan Royal Challengers Bangalore di M. Chinnaswamy Stadium di Bengaluru. Dalam permainan, Sunrisers memilih untuk memukul terlebih dahulu dan membukukan total 208 run dengan kehilangan 7 wicket dalam 20 over.

RCB dalam performa bagus di awal pengejaran tetapi setelah kehilangan tiga gawang besar: Virat Kohli, Chris Gayle dan AB de Villiers, anggota skuad lainnya gagal mengejar total dengan 8 run. Virat Kohli dari RCB dianugerahi penghargaan sebagai pemain turnamen saat ia mencetak 973 run dari 16 inning.

Pemenang IPL 2017: Orang India Mumbai

Pada malam final IPL 2017, India Mumbai dinobatkan sebagai juara saat mereka mengalahkan Rising Pune Supergiant dengan sekali lari di Stadion Kriket Internasional Rajiv Gandhi di Hyderabad. Meskipun memiliki awal yang sangat lambat, Mumbai India mampu membukukan total 128 run dengan kehilangan 8 wicket dari 20 over.

Namun, orang India Mumbai berhasil membatasi Rising Pune Supergiant menjadi 128/6 dan memenangkan pertandingan hanya dengan lari. Dengan kemenangan ini, MI menjadi tim pertama yang mengangkat trofi incaran untuk ketiga kalinya di liga. Dengan 316 run dan 12 wicket, Ben Stokes dari RSP dinobatkan sebagai pemain turnamen tahun itu.

Pemenang IPL 2018: Chennai Super Kings

IPL 2018 adalah tahun comeback bagi Kings saat mereka kembali ke lapangan setelah menjalani larangan dua tahun. Pada malam final, Chennai Super Kings menghadapi Sunrisers Hyderabad di Stadion Wankhede di Mumbai. Memilih untuk memukul terlebih dahulu, SRH berhasil membukukan total 178 run dengan kehilangan 6 wicket dalam 20 over.

Sebagai gantinya, CSK berhasil mengejar target yang sangat besar dan mencetak 181 run dengan 9 bola tersisa. Shane Watson memainkan pukulan luar biasa 117 run off 57 bola dan dianugerahi gelar man of the match dalam game tersebut.

Pemenang IPL 2019: Orang India Mumbai

Mengangkat trofi IPL untuk keempat kalinya, Mumbai India menjadi tim paling sukses dalam sejarah liga. Sekali lagi, orang India Mumbai menghadapi Chennai Super Kings di Stadion Rajiv Gandhi di Hyderabad.

Pukulan pertama, Mumbai India membukukan total 148 run dengan kehilangan 7 wicket dalam 20 over. Namun, mereka mampu membatasi CSK menjadi 148/7 dalam 20 over dan memenangkan permainan hanya dengan sekali lari. Dengan 510 run dan 11 wicket, Andre Russell dianugerahi gelar pemain turnamen di liga.

Pemenang IPL 2020: Orang India Mumbai

Edisi ke-13 Liga Utama India menyaksikan orang India Mumbai mengangkat trofi IPL yang didambakan untuk kelima kalinya. Laga final IPL 2020 adalah pertandingan antara Mumbai Indians dan Delhi Capitals. Pukulan pertama, Delhi Capitals membukukan total 156 run yang layak, berkat pukulan menakjubkan Shreyas Iyer dan Rishabh Pant masing-masing 65 dan 56 run.

Sebagai balasannya, Mumbai Indians dengan elegan mengejar target 157 run dengan 6 bola tersisa. Untuk Mumbai, Rohit Sharma memainkan pukulan terik dari 68 run, dengan 5 fours dan 4 sixes atas namanya. Trent Boult dinobatkan sebagai man of the match untuk 3 scalpnya yang datang pada tingkat ekonomi 7,50.